logoblog

Ini Perbedaan Ikan Sarden Dan Mackerel

Ini Perbedaan Ikan Sarden Dan Mackerel

Info Menarik

Dibaca:5408 close
Ini Perbedaan Ikan Sarden Dan Mackerel
share

Belakangan ini ramai diberitakan, ditemukan cacing dalam produk ikan kalengan. Tulisan dalam berita menyebut, ada cacing dalam makarel kalengan, namun di paragraf berikutnya, mereka menyebutnya sarden kalengan. Padahal, makarel dan sarden itu berbeda.

Bagi para penggemar makanan kaleng pun, bisa jadi tetap sulit membedakan ikan sarden dan makarel. Meski tampak serupa ketika sudah dalam bentuk makanan kaleng, ikan sarden dan makarel memiliki beberapa perbedaan.

Dilansir dari VS Pages, Kamis (29/3/2018), kedua ikan merupakan spesies dari famili yang berbeda. Ikan Makarel masih satu famili dengan tuna, yaitu Scombridae. Sedangkan, ikan sarden berasal dari famili Clupeidae, yang adalah keluarga ikan haring.

Ini Perbedaan Ikan Sarden Dan Mackerel

Perbedaan famili tersebut membuat kedua ikan ini berbeda dari segi ukuran. Ikan makarel umumnya memiliki ukuran rata-rata 35 hingga 45 cm dengan berat sekitar 500 gram. Ukuran ini jauh lebih besar dari ikan sarden. Ukuran ikan sarden yang kecil ini membuatnya banyak dikemas dalam kaleng.

Tak hanya itu, dari segi bentuk tubuh, ikan sarden hanya memiliki satu sirip yang sangat pendek dan terletak di dekat bagian tengah punggung. Hal ini berbeda dengan ikan makarel yang memiliki tujuh hingga sembilan sirip yang terletak dari punggung hingga ke ekornya.

Selain bentuk tubuh, ikan sarden dan makarel dapat dibedakan dari warna tubuhnya. Ikan makarel berwarna lebih gelap dan berminyak, sedangkan ikan sarden lebih berwarna-warni dengan perut berwarna perak dan punggung hijau atau biru.

Dari segi daerah asal, Anda akan lebih mudah menjumpai ikan makarel di Jepang, Eropa dan negara-negara berkembang. Sedangkan, untuk ikan sarden, Anda akan banyak menemuinya di beberapa negara maju di Eropa, seperti Inggris, Norwegia, Denmark, Swedia, Finlandia, Portugal, Prancis, Spanyol, Afrika Selatan, dan Islandia. Berbeda negara, maka berbeda pula pengolahan ikan sarden.

Sarden dan ikan makarel sama-sama diperkaya dengan lemak dan omega 3 yang baik untuk kesehatan. Kandungan gizi ini dipercaya bagus bagi perkembangan fungsi otak.Selain itu, konsumsi dua ikan ini bisa mencegah inflamasi, serangan jantung, stroke, kanker, artritis rematik. Penyakit lain yang bisa ditangkal dengan makan kedua ikan ini yakni kolesterol tinggi, diabetes, kanker payudara, kehilangan memori, depresi, resistensi insulin, penyakit arteri koroner, attention deficit hyperactivity disorder (ADHD), dan gejala pramenstruasi.

Artikel Terkait

Sekilas tampak sama, Ini Perbedaan Ikan Tongkol, Ikan Cakalang dan Ikan Tuna

Menteri Kelautan dan Perikanan menyarankan untuk mengkonsumsi ikan setiap hari, Karena ikan mengandung banyak protein dan omega 3 yang sangat baik ... Selengkapnya

Ini Perbedaan Parfum, Eau de Toilette, dan Body Mist

Parfum saat ini emamg sangat esensial bagi setiap orang. Bahkan bayipun punya parfum khusus, tapi tentunya parfum disesuaikan dengan kepribadian masing-masing ... Selengkapnya

Resep Bakso Ikan Tenggiri Yang Sedap Disertai Tips Membuat Bakso agar Tahan Lama

Resep Bakso Ikan dari Tenggiri Yang Sedap Disertai Tips Membuat Bakso agar Tahan Lama- Bakso atau dalam bahasa inggrisnya disebut Meat ... Selengkapnya

Resep Ikan Bakar Special Pedas Manis

Menteri Perikanan dan Kelautan Ibu Susi, menyarankan untuk selalu mengkonsumsi ikan setiap hari. Karena di dalam ikan terdapat berbagai macam zat ... Selengkapnya


advertisement
Masih Hangat
 
Banyak Dilihat

Akhir Artikel

Buka Kategori Untuk Info Menarik Lainnya